top of page
Search
  • Writer's picturerockettraveller8

Kenapa berpartner dengan jasa outsource akuntansi dan pajak?

Updated: Jun 7, 2023



Banyak orang bertanya-tanya, bukan kah akuntansi dan pajak adalah hal yang personal? Dan bukan sesuatu yang layak dikonsumsi pihak luar?


Untuk membangun suatu usaha bukanlah sesuatu yang mudah, seringkali manajemen atau pemilik bisnis tidak melihat hal yang biasa pihak profesional akuntan dan konsultan pajak lihat. Dan kesempatan untuk memberikan perspektif lain untuk membangun bisnis Perusahaan tersebut menjadi kesempatan yang langka untuk dipercayakan ke akuntan/konsultan pajak yang ada.


Kadang, tantangan terbesar dalam mencapai kemajuan usaha adalah update dengan peraturan terkini, melakukan perencanaan akuntansi keuangan dan pajak, serta bekerja sama dengan departemen lain di dalam perusahaan untuk membangun budaya yang konstruktif bagi kemajuan Perusahaan.


Namun, budaya yang konstruktif itu seringkali tidak terjadi karena adanya kecenderungan departemen Akuntansi dan Pajak menjadi pengekor dari bisnis Perusahaan dan bukan berjalan beriringan dalam membangun Perusahaan melalui budget dan analisa keuangan lainnya. Oleh karena itu, diperlukan pihak ketiga di luar Perusahaan untuk memberikan perspektif bisnis dari Perusahaan agar Perusahaan tidak terjebak dalam "kepuasan internal" dan bekerja sama untuk mencari solusi efisien dengan kapasitas yang ada.


Jebakan mini ini jika terjadi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kurangnya pengendalian internal dan keakuratan data keuangan Perusahaan, sehingga menyebabkan Perusahaan tidak mengetahui kondisi keuangannya atau bagaimana menempatkan target yang lebih baik di masa mendatang. Tantangan-tantangan inilah yang menyebabkan Perusahaan 'mati suri' sehingga, ketika terjadi suksesi kepemilikan/kepemimpinan, menjadi hal yang sulit karena adanya kecenderungan internal: sudah terbiasa dengan kondisi yang ada dan khawatir jika meminta bantuan, maka dianggap tidak kompeten. Padahal bukan itu masalah yang umumnya terjadi. Pada umumnya, masalahnya adalah kurangnya kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang ada, karena banyaknya tantangan yang akan di hadapi.


Kondisi yang ada apakah sanggup menghadapi perubahan jaman? Mungkin Anda dapat menghubungi pihak konsultan kami sebagai pembanding.


@2022 Grace Consult: Jasa Pelaporan Keuangan, Pelaporan Pajak, Akuntansi, Budget dan Standard Operating Procedures Services, Accountant, Consulting, Forecasting, Taxation, Accounting, Pembukuan, Jasa Akuntansi, Tax Due Diligence, Pemeriksaan Pajak





100 views0 comments
bottom of page