top of page
Search
  • Writer's picturerockettraveller8

Berada di udara: mengapa Anda memerlukan Standard Operating Procedure?

Updated: May 15, 2022

Ketika kita ingin bertumbuh tinggi dan lebih baik, kita memerlukan kepastian bahwa hal tersebut akan berjalan aman dan kinerja yang lebih baik lagi adalah tantangan yang harus dikelola dan dipetakan lebih dini.


Bisnis Anda berjalan dengan lancar, pegawai Anda menikmati pekerjaan mereka dan produktivitas mereka tidak dapat Anda pertanyakan lagi. Anda menemukan diri Anda pada kondisi "OK" dimana beberapa hal bisa tumbuh sesuai dengan rencana Anda. Jadi mengapa mencatat seluruh aktivitas ini dalam Standard Operating Procedure?



Standard Operating Procedure


“Mengapa pegawai saya melakukan hal ini? Bukankah kita mempunyai cara lain yang telah dilakukan sejak dahulu kala dan berhasil? Tidakkah ia tahu bahwa kita biasa melakukan hal tersebut seperti cara biasa kita?”

Anda mempunyai formula kemenangan tersendiri, budaya dan cara mencapai hal yang anda inginkan. Tidak semua orang dapat memahami hal tersebut, atau bahkan berkomitmen untuk melakukannya. Terdapat "tata cara berperilaku" (code of conduct) di Perusahaan Anda yang telah mengatur bagaimana seharusnya pegawai dengan tugas dan tanggung jawab tertentu seharusnya bertindak. Training sepanjang waktu adalah tugas yang sangat memakan waktu serta diperlukan kontrol bersama atas perilaku pegawai baru tersebut. Terlebih lagi jika seorang pegawai tersebut melakukan 'blunder' yang dapat mengubah wajah Perusahaan seketika itu juga. Tingkat kepercayaan pelanggan/pemasok dapat secara signifikan tergerus jika tidak adanya Standard Operating Procedure di Perusahaan Anda.



Memetakan aktivitas Operasional Anda


Perusahaan Anda mempunyai budaya tersendiri tentang bagaimana cara Anda melakukan kegiatan operasional Anda. Pelanggan Anda menyukainya, pemasok Anda menghargainya. Inilah saat yang tepat untuk memetakan aktivitas pegawai Anda, agar kapasitas dan efisiensi Perusahaan dapat ditingkatkan lebih jauh lagi dengan Standard Operating Procedure.


Grace Consult mendukung Perusahaan Anda untuk mengelola dan memetakan proses bisnis Anda, dari siklus pendapatan, biaya, kepuasan pelanggan dan memberikan highlight dari siklus-siklus tersebut. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan waktu yang diperlukan dalam menjalankan setiap aktivitas, serta apa yang ternyata tidak Anda perlukan. Hal ini akan membantu Anda dalam melakukan proses dokumentasi dan mencapai tujuan bisnis pada saat yang sama melalui pembuatan Standard Operating Procedure. Hal inilah mengapa seluruh aktivitas harus dicatat: Untuk memberikan manfaat yang berarti.



Jadi persisnya apa yang akan saya dapatkan lagi?


“Saya ingin kepastian bahwa ketika saya berada di udara, saya tahu semuanya akan berjalan dengan lancar, bahkan ketika saya harus mendarat.”

Kami memahami kesempatan pertumbuhan bisnis dan bagaimana Anda ingin memperoleh sesuatu yang lebih baik daripada "baik-baik saja." Setelah pemetaan proses bisnis Anda telah berjalan dengan baik melalui Standard Operating Procedure yang berkualitas (untuk memperoleh ISO), kami akan mencari nilai tambah dari SOP tersebut, apakah ingin meningkatkan performa tim Anda, atau meningkatkan penjualan Anda? Hal ini akan memungkinkan Anda mencapai tujuan dengan lebih baik lagi.


Berada di udara


Hal yang penting telah Anda dokumentasikan. Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan tim Anda. Anda bahkan dapat menambah atau mengubah sesuatu sehingga pelanggan Anda menyukainya. Itulah ketika Anda berada di udara, memberi manfaat yang lebih baik lagi.


@2022 Grace Consult: Jasa Pelaporan Keuangan, Pelaporan Pajak, Akuntansi, Budget dan Standard Operating Procedures Services, Accountant, Consulting, Forecasting, Taxation, Accounting, Pembukuan, Jasa Akuntansi, Tax Due Diligence, Pemeriksaan Pajak

34 views0 comments
bottom of page